Specification of services, Business models and Service management system



Specification of services

Spesifikasi layanan merupakan panduan yang tertulis untuk memperjelas semua persyaratan dan maksud dari setiap tahap yang dialami layanan tertentu. Spesifikasi layanan biasanya menyebutkan juga dasar - dasar desain yang menginspirasi seluruh rencana, menentukan dasar dari keseluruhan pengalaman. Setiap langkah dalam pengalaman, kemudian dijelaskan secara merinci, termasuk gambar, atau bahan lain yang relevan yang dapat membantu memahami petunjuk tertentu. Spesifikasi layanan dapat digunakan untuk melibatkan para ahli dalam proses desain dan pengembangan (menjelaskannya pada kegiatan tertentu) dan untuk mengoordinasikan implementasi layanan (memberikan panduan tentang bagaimana elemen yang berbeda digunakan). Service ialah  media penyampaian nilai kepada pelanggan dengan adanya sarana hasil untuk memberikan menguntungkan melalui pelayanan yang diberikan kepada seseorang secara menguntungkan.

Business models

Model bisnis merupakan bentuk dan arti apa saja yang ditambahkan oleh suatu perusahaan dalam menawarkan produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.  Model bisnis lama dengan model bisnis yang baru, perbedaannya yaitu model bisnis lama lebih dikenal dengan ekonomi industry  lebih cenderung kedalam industry sedangkan dengan Model bisnis baru lebih dikenal dengan masa informasi yang tidak memerlukan banyak model besar karena posisi – posisi penyedia informasi sudah cukup banyak.

Service management

Service management merupakan perangkat yang mempunyai kemampuan dari suatu organiasi untuk menyediakan sebuah nilai kepada klien dalam bentuk layanan. Suatu bentuk kemampuan untuk membentuk fungsi dan proses untuk memanage layanan melalui satu proses yang berkelanjutan dengan memajukan strategi, desain, transisi, operasi dan peningkatan yang teratur. Kemampuan dari suatu organisasi menggambarkan kapasitas, kemampuan dan kepercayaaan diri dalam mengambil suatu tindakan. Pengubahan asal mula yang ada, menjadi layanan yang lebih berguna, inilah dasar dari Service Management. Kemampuan dari organisasi biasanya terhambat atau dihadapkan pada tantangan yang muncul dalam perkembangan dan perjalanan perusahaan.
Manajemen Pelayanan dapat menyediakan pelayanan sebagai berikut:
·         Mengendalikan layanan yang mereka sediakan baik dari klien dan aspek penyedia
·         Menetapkan bahwa layanan benar-benar agar klien mendapatkan yang diinginkan
·         Menguasai nilai service tersebut kepada klien mereka dan karna mereka yang terpenting.

Pelayanan adalah suatu tugas utama pegawai pemerintah, yang termasuk pelaku bisnis. Obyek yang dilayani : masyarakat (publik) dan Bentuk pelayanan itu berupa barang dan jasa yang sesuai dengan kepentingan kebutuhan masyarakat dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Referesi :






Komentar