Grab Bike dan PT Gojek
Indonesia memberikan penawaran jasa transportasi dengan berbagai kemudahan
dalam pemesanan. Inovasi yang ingin disampaikan dari adanya Ojek Online ini
adalah penggabungan antara transportasi umum yaitu ojek dengan penggunaan
teknologi komunikasi tepat guna yaitu Internet. Grab Bike dan PT Gojek
Indonesia menawarkan suatu inovasi dimana masyarakat tidak hanya bisa
menggunakan cara konvensional dalam memesan sarana transportasi Ojek
pilihannya, tetapi juga bisa menggunakan cara yang modern untuk pemesanannya.
Semuanya dengan menggunakan aplikasi yang terhubung dengan internet.
Konsistensi Ojek Online dalam penerapan teknologi komunikasi tepat guna ini
menjawab masalah sosial dan kekhawatiran masyarakat akan transportasi umum
terutama di wilayah ibukota. Dengan bermunculan bisnis penyedia jasa
transportasi Ojek Online seperti Grab Bike dan Gojek memberikan solusi bagi
kemacetan yang terjadi di daerah Jabodetabek dan memberikan kenyamanan bagi
konsumennya. Grab Bike dan Gojek menerapakan teknologi komunikasi tepat guna
karena penggunaannya memang sesuai (tepat guna) dengan kebutuhan dan kondisi
yang ada pada masa kini. Teknologi komunikasi tepat guna yang diterapkan dalam
Grab Bike dan Gojek ini bisa dijadikan solusi bagi permasalahan dalam
masyarakat. Karakteristik penerapan teknologi komunikasi tepat guna yang
dilakukan oleh Gojek dan Grab Bike antara lain :
Inovasi dalam Ojek Online : Konsistensi dalam Pemberian Inovasi
Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna dalam
Bisnis Transportasi
Media Sosial,
Media Televisi dan Interpersonal Communication Approach sebagai Media Penyampaian Inovasi Ojek
Online
Proses Putusan Inovasi
Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Bisnis
Transportasi Gojek dan Grabike
Perubahan
Mindset masyarakat akan Ojek Online dan Perubahan Penggunaan
Teknologi Komunikasi untuk Pemesanan Transportasi Ojek
Adanya
permasalah transportasi dan
kemacetan yang masih
banyak dikeluhkan oleh semua pihak menjadi pekerjaan
rumah sendiri bagi banyak pihak tak hanya
pemerintah. Jakarta memang terkenal dengan
pusat kota kemacetan dibandingkan daerah-daerahnya.
Permasalahan ini akhirnya dijawab dengan
kehadiran bisnis Gojek dan Grab Bike
dengan pemanfaatan akses teknologi smartphone
dengan jasa transportasi umum yang dapat
memberikan kemudahan bagi penggunadan konsumennya
dalam memesan dan menggunakan jasa transportasi ini.
Keberadaan Gojek Online ini pada
akhirnya mampu mengubah
kebiasaan masyarakat.
Pada awalnya, masyarakat menggunakan
cara yang konvensional untuk
menggunakan transportasi umum, saat ini masyarakat
mulai mengubah kebiasaan mereka dan beralih
ke teknologi komunikasi untuk memesan
transportasi umum secara Online. Terlebih lagi, dengan
adanya Ojek Online yang dilengkapi dengan
sistem keamanan yang terjamin dan juga
keseragaman pada pakaian dan helmnya
membuat citra ojek yang
dulunya sebagai kerjaan
rendahan, sekarang semakin meningkat
prestisenya. Adanya Ojek Online
ini bisa mengubah mindset masyarakat
tentang tukang ojek yang sering dipandang
sebelah mata sebagai profesi rendahan.
Perubahan mindset tukang ojek sebagai pekerjaan rendahan
terbukti dengan semakin banyaknya orang yang tertarik menjadi
tukang ojek sebagai pekerjaan sampingan.
atau bahkan menjadi pekerjaan utama menjadi salah satu keberhasilan
dari adanya Ojek Online.Kemudian kehadiran Gojek dan
Grab Bike ini ternyata mengubah paradigmamasyarakat
tentang keamanan transportasi umum. Kelebihan
Gojek dan Grab Bike
yang dilengkapi dengan
aplikasi yang terhubung
dengan penyimpanan data base
dan GPS bisa memberikan
informasi mengenai identitas drivernya. Dengan
adanya kelebihan tersebut, masyarakat dengan
mudah akan mengetahui siapa yang akan
menjadi driver dari transportasi Ojek pesanannya, lengkap
dengan data diri driver bersangkutan. Kelengkapan data dan identitas dari
driver yang ada di dalam aplikasi Grab Bike dan Gojek adalah bukti
bahwa Ojek Online sangat mengedepankan
faktor keamanan bagi konsumennya. Di
dalam aplikasi tersebut sudah tersedia informasi
lengkap tentang pengendara seperti nama,
kontak, dan foto pengendara. Layanan Ojek
Online ini memang hanya bisa didapatkan
melalui pemesanan via aplikasi GoJek, sehingga
pelanggan dapat memastikan keamanan dan
akuntabilitasnya.
Pandangan saya : Ojek Online mempermudah saya untuk berpergian, mencari makanan dan mengirim barang tanpa harus mencari tempat yang saya butuhkan, pada saat keadaan tidak memungkinkan untuk keluar dari rumah yang jaraknya tidak bisa juga bisa memungkinkan, dan diAplikasi Ojek Online ini juga mempunyai banyak promo, yang sangat amat membantu saya, maupun yang lain, yang belom mempunyai uang sendiri, jadi menurut saya, Ojek Online ini sangat - sangat amat membantu saya maupun orang lain yang memakai Ojek Online ini. pada tetapi, saat banyaknya keuntungan di Aplikasi Ojek Online ini, ada juga kekurangan yang Aplikasi yang mereka punya, dari terlalu lamanya saya menunggu, dari supir yang tidak sopan karena tidak baik cara berkomunikasi, lalu ada pula supir yang tidak bisa baik saat mengendarai kendaraan, dan saya mempunyai kenangan pada supir yang tidak mempunyai rasa empati pada orang yang sedang membutuhkan bantuan, pada orang yang sedang sakit.
Komentar
Posting Komentar